5 film tentang artificial intelligence

Oleh: Lysti Rahma - Rabu, 29 Mei 2024 13:23 WIB

Film-film ini memberikan perspektif beragam tentang AI, dari ancaman hingga harapan untuk merenungkan masa depan teknologi dan dampaknya pada kemanusiaan.

Seiring berkembangnya teknologi, film-film tentang kecerdasan buatan (AI) semakin banyak bermunculan. Beberapa di antaranya menggambarkan AI sebagai ancaman bagi manusia, sementara yang lain menampilkan AI yang lebih manusiawi dan penuh empati. Berikut adalah 5 film yang menarik tentang AI yang patut kamu tonton, dikutip dari British Film Institute (30/5):

1. Summer Wars (2009)

Summer Wars adalah sebuah film animasi asal Jepang produksi tahun 2009 bergenre fiksi ilmiah. Film ini disutradarai oleh Mamoru Hosoda, diproduksi oleh Madhouse, dan didistribusikan oleh Warner Bros. Pictures Japan. Para pengisi suara film ini termasuk Ryunosuke Kamiki, Nanami Sakuraba, Mitsuki Tanimura, Sumiko Fuji dan Ayumu Saitō. 

Summer Wars mengisahkan tentang Kenji Koiso, seorang siswa kelas sebelas pemalu yang cerdas dalam bidang matematika. Kenji dibawa ke Ueda oleh siswi kelas dua belas bernama Natsuki Shinohara untuk merayakan hari ulang tahun ke-90 nenek buyutnya. Namun, dia secara keliru dituduh sebagai orang yang meretas dunia virtual bernama OZ oleh perangkat kecerdasan buatan kejam yang disebut Love Machine. Kenji harus menangani kerusakan yang telah ditimbulkan, dan menemukan cara untuk menghentikan Love Machine melakukan kekacauan yang lebih lanjut.

2. Computer Chess (2013)