5 objek Bumi yang ternyata bisa dilihat dari luar angkasa

Oleh: Zhafira Chlistina - Sabtu, 04 Nov 2023 15:27 WIB

Aada beberapa bangunan dan lanskap besar di Bumi yang dapat dikenali dari luar angkasa, berikut ini daftarnya.

Sejak awal peradaban, umat manusia telah berusaha mencapai bintang-bintang, terpesona dengan apa yang ada di luar angkasa. Tetapi, bagaimana tampak Bumi dari atas sana? Menurut mitos terbesar tentang luar angkasa, kita bisa melihat Tembok Besar China dari luar Bumi.

Meskipun itu hanya mitos, bukan berarti kita tidak bisa melihat objek Bumi dari atas sana. Dilansir dari SlashGear (4/11), ada beberapa bangunan dan lanskap besar di Bumi yang dapat dikenali dari luar angkasa. Berikut ini daftarnya.

  • Greenhouses of Almería, Spanyol

Greenhouses adalah lautan rumah kaca di provinsi Almeria di Spanyol selatan begitu luas sehingga bisa dilihat dari luar angkasa. Kompleks rumah kaca ini mencakup lebih dari 25.000 hektar lahan dan bertanggung jawab atas jutaan ton buah-buahan dan sayuran yang ditanam.Lautan rumah kaca plastik memantulkan sinar matahari di siang hari, sehingga membantu terlihat dari luar angkasa. Berbeda dengan Tembok Besar China, yang menyatu dengan latar belakangnya jika dilihat dari luar angkasa, rumah kaca lebih terlihat jelas. Dikelilingi oleh air di satu sisi dan pegunungan di sisi lain, membuat rumah kaca lebih mudah dibedakan dari atas atmosfer.

  • Kennecott Copper Mine, Utah

Kennecott Copper Mine adalah salah satu tambang tembaga terbuka terbesar di dunia. Tambang tersebut, terletak di barat daya Salt Lake City, Utah, memiliki lebar lebih dari 2,5 mil dan tinggi 0,75 mil. Ukurannya sangat besar – penggalian buatan terbesar di planet ini – sehingga dapat dilihat dengan mata telanjang.

Tag