Ilmuwan temukan asal usul asteroid yang musnahkan dinosaurus 66 juta tahun lalu

Oleh: Nur Chandra Laksana - Jumat, 16 Agst 2024 15:06 WIB

Seorang peneliti dan ilmuwan dari Jerman menemukan asal usul asteroid yang hantam Bumi 66 juta tahun yang lalu. Ternyata, asteroid ini datang dari planet…

Misteri mengenai asal muasal asteroid yang meluluhlantakkan bumi pada zaman purba menemukan titik terang. Seorang peneliti mengungkapkan bahwa asteroid tersebut adalah bagian dari salah satu planet besar yang ada di tata surya kita.

Dilansir dari laman Mashable (16/8), peneliti asal usul asteroid dan planet dari Universitas Cologne di Jerman, Mario Fischer-Gödde, mengungkapkan bahwa asteroid tersebut muncul dari lingkaran planet Jupiter.

Seperti diketahui, asteroid yang menghantam bumi sekitar 66 juta tahun yang lalu diyakini berhasil memusnahkan dinosaurus dari muka bumi. Dan ukuran dari asteroid tersebut tak main-main, yakni memiliki lebar sekitar 9,6 km.

"Itu adalah proyektil yang berasal dari pinggiran tata surya dan menentukan nasib dinosaurus," kata Fischer-Gödde.

Asteroid itu meninggalkan bekas yang cukup besar, yang saat ini disebut Kawah Chicxulub. Sedimen yang dibawa oleh asteroid tersebut sebagian besar terkubur di bawah Semenanjung Yucatan. Objek besar itu menghantam perairan dangkal, melontarkan sejumlah besar batu yang hancur ke langit yang secara drastis mendinginkan iklim.