Inovasi baru: baterai solid-state natrium bebas anoda pertama di dunia

Oleh: Erlanmart - Selasa, 23 Jul 2024 15:21 WIB

Tim peneliti telah menggabungkan teknologi baterai terbaik untuk menciptakan baterai solid-state natrium bebas anoda pertama di dunia.

Ilustrasi

Tim peneliti telah menggabungkan teknologi baterai terbaik untuk menciptakan baterai solid-state natrium bebas anoda pertama di dunia. Desain tim menggunakan elektrolit padat yang stabil dan tekanan untuk membentuk logam natrium padat. Kolektor arus aluminium memastikan pelapisan dan pengupasan natrium yang efisien dan berulang pada kapasitas dan kecepatan tinggi.

Dilansir dari Interesting Engineering (23/7), baterai jenis baru ini akan lebih murah dan tidak berbahaya bagi lingkungan karena anodanya akan dihilangkan, dan natrium, yang murah dan berlimpah, akan digunakan sebagai pengganti litium.

“Meskipun sebelumnya sudah ada baterai natrium, solid-state, dan tanpa anoda, hingga saat ini belum ada yang berhasil menggabungkan ketiga ide ini,” kata Grayson Deysher, Ph.D. kandidat di UC San Diego dan penulis pertama studi tersebut, dalam sebuah pernyataan.

Menurut tim, inovasi ini dapat membantu menciptakan baterai yang murah, dapat diisi dengan cepat, dan berkapasitas tinggi untuk kendaraan listrik (EV) dan penyimpanan jaringan listrik.

Inovasi baterai bebas anoda