Tiongkok kenalkan MOSS, saingan ChatGPT

Oleh: Erlanmart - Rabu, 22 Feb 2023 10:03 WIB

MOSS adalah chatbot percakapan atau model bahasa yang mirip dengan ChatGPT sehingga dapat melakukan berbagai fungsi.

Tiongkok telah meluncurkan chatbot AI yang disebut MOSS untuk pengujian publik. MOSS yang digadang-gadang sebagai saingan potensial ChatGPT buatan Amerika Serikat kini terbuka untuk pengujian publik di Tiongkok Daratan.

MOSS dikembangkan oleh Natural Language Processing Lab di Fudan University. Fudan yang berbasis di Shanghai adalah anggota liga C9 yang prestisius (kelompok 9 universitas yang dipilih oleh pemerintah Tiongkok untuk kemajuan dan pengembangan pendidikan tinggi) dan universitas kelas satu ganda yang diidentifikasi oleh kementerian pendidikan.

Dilansir dari Gizmochina (22/2), MOSS adalah chatbot percakapan atau model bahasa yang mirip dengan ChatGPT sehingga dapat melakukan berbagai fungsi seperti memberi jawaban, membuat dialog, menulis kode, dan lainnya. Meskipun chatbot Tiongkok ini tidak secerdas atau secanggih ChatGPT, ia masih dapat melakukan tugas berbasis bahasa.

Dr. Xipeng Qiu, Profesor Ilmu Komputer dari Fudan University, mengatakan bahwa MOSS dapat dianggap sebagai versi low-end dari ChatGPT. Keduanya mahir dalam multitasking berbasis bahasa, tetapi jumlah parameter MOSS jauh lebih sedikit.

Dia lebih lanjut menambahkan bahwa “Meskipun ada banyak ruang untuk perbaikan, munculnya MOSS membuktikan bahwa tim peneliti Tiongkok memiliki kemampuan untuk mengatasi tantangan teknis dalam mengembangkan produk seperti ChatGPT.”