Apple Intelligence, tahap pertama Apple masuk dunia AI

Oleh: Nur Chandra Laksana - Selasa, 11 Jun 2024 03:14 WIB

Meski telah meluncurkan Apple Intelligence sebagai langkah pertama Apple masuk dunia AI, ekosistem mereka masih belum matang seutuhnya.

Selain mengumumkan kehadiran OS baru, Apple juga mengumumkan kehadiran AI terbaru mereka yang mereka sebut sebagai Apple Intelligence. Ini merupakan tahap pertama Apple untuk serius menggarap lahan yang sebelumnya sudah digarap berbagai perusahaan besar lainnya.

Fokus dari Apple Intelligence sendiri adalah untuk membuat aplikasi dan sistem yang ada saat ini lebih pintar dengan memasukkan teknologi AI kedalamnya. Selain itu, mereka juga mengumumkan kemitraan mereka dengan OpenAI, yang sudah terlebih dahulu terjun ke dunia tersebut.

Salah satu peningkatan AI terbesar yang dibawa oleh Apple dapat terlihat pada Siri. Asisten suara bawaan perusahaan ini akan didukung oleh model bahasa besar, yang merupakan teknologi dasar dari semua AI generatif modern. 

Untuk diketahui, selama beberapa tahun belakangan ini Siri bisa dibilang sedikit tertinggal jika dibandingkan dengan para pesaingnya. Namun, dengan kehadiran AI yang lebih baik, teknologi tersebut mungkin menjadi lebih berguna karena dapat berinteraksi lebih dekat dengan sistem operasi dan aplikasi Apple. 

Contohnya, kalian dapat meminta Siri untuk memberikan ringkasan artikel berita, menghapus email, atau mengedit foto. Dia juga dapat melakukan lebih dari 100 tindakan, seperti menemukan foto berdasarkan deskripsi umum isinya atau mengekstrak informasi pribadi dari gambar tanda pengenal pengguna untuk mengisi formulir online secara otomatis. Terakhir, kalian bahkan dapat mengetikkan pertanyaan kepada Siri alih-alih menggunakan suara.