Layar iPhone 16 Pro bermasalah gara-gara tombol kamera

Oleh: Erlanmart - Selasa, 24 Sep 2024 08:06 WIB

Sejak peluncuran iPhone 16 Pro, beberapa pengguna melaporkan masalah pada layar sentuh yang menghadapi freezing.

Sejak peluncuran iPhone 16 Pro, beberapa pengguna melaporkan masalah pada layar sentuh yang menghadapi freezing. Masalah ini tampaknya terkait dengan tombol kamera baru yang diperkenalkan pada model tersebut. Tombol ini memungkinkan pengguna untuk mengambil foto tanpa harus membuka aplikasi kamera terlebih dahulu, tetapi tampaknya ada efek samping yang tidak diinginkan.

Dilansir dari Gizmochina (24/9), beberapa pengguna melaporkan bahwa layar menjadi tidak responsif ketika kulit mereka secara tidak sengaja menyentuh area di sekitar tombol kamera. Masalah ini terjadi karena sistem deteksi sentuhan tidak sengaja yang terlalu sensitif, yang menyebabkan layar mengabaikan sentuhan yang dimaksudkan. Ketika pengguna menyentuh area di sekitar tombol kamera, layar menjadi freezing dan tidak merespons sentuhan atau gesekan, kecuali untuk bilah beranda.

Masalah ini lebih sering terjadi ketika ponsel tidak menggunakan casing, yang menunjukkan bahwa casing dapat membantu mengurangi frekuensi terjadinya masalah ini. Namun, ini bukan solusi permanen, dan pengguna masih menghadapi masalah ini meskipun menggunakan casing.

Apple belum memberikan pernyataan resmi mengenai masalah ini, tetapi beberapa ahli teknologi berspekulasi bahwa ini adalah masalah perangkat lunak yang dapat diperbaiki melalui pembaruan iOS di masa mendatang. Pengguna yang mengalami masalah ini disarankan untuk menghindari menyentuh area di sekitar tombol kamera sampai ada pembaruan yang dirilis.

Meskipun masalah ini mengganggu, penting untuk diingat bahwa setiap peluncuran perangkat baru seringkali disertai dengan bug yang tidak terduga. Apple biasanya cepat dalam merespons dan memperbaiki masalah seperti ini melalui pembaruan perangkat lunak. Jadi, pengguna iPhone 16 Pro diharapkan dapat melihat perbaikan dalam waktu dekat.