Kini masa siklus baterai iPhone 15 Series meningkat 2 kali lipat

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 21 Feb 2024 15:12 WIB

Apple meningkatkan batas siklus penggunaan iPhone 15 Series, dari 500 siklus mengakibatkan pengisian baterai turun jadi 80 persen, kini dinaikkan menjadi 1000 siklus.

Baterai mungkin salah satu komponen yang paling memiliki masa pakai yang paling rendah jika dibandingkan komponen yang lainnya yang ada di smartphone. Hanya dalam beberapa tahun saja, kemampuan untuk menyimpan daya dapat berkurang dengan sangat drastis.

Salah satu perangkat yang terkenal dengan cepatnya masa degradasi baterai adalah perangkat iPhone. Hal ini terbukti dengan cukup banyaknya komponen baterai iPhone yang terjual, baik di ecommerce atau di tempat service kenamaan.

Tapi, Apple baru saja mengumumkan kabar gembira untuk para pengguna iPhone 15 Series. Mereka mengatakan, mereka telah memperbaharui siklus masa pemakaian baterai untuk perangkat yang meluncur tahun lalu tersebut.

Untuk informasi, sebelumnya raksasa teknologi asal Cupertino tersebut menetapkan bahwa baterai di dalam iPhone akan mempertahankan 80 persen dayanya setelah 500 siklus pengisian daya. Namun, dengan pembaruan siklus ini dapat bertahan hingga dua kali lipat masa siklus awalnya.

Wccftech (21/2) melaporkan, melalui 9to5Mac, Apple hanya menyatakan bahwa pengujiannya melibatkan pengisian dan pengosongan baterai 1.000 kali dalam keadaan tertentu yang mewakili kasus penggunaan umum.