"Godmother AI" Fei-Fei Li: Tidak ada yang tahu apa itu AGI

Oleh: Lysti Rahma - Sabtu, 05 Okt 2024 16:21 WIB

Dalam sebuah diskusi di KTT Kepemimpinan AI yang diselenggarakan oleh Credo AI, Li mengatakan tidak memahami konsep Artificial General Intelligence (AGI).

Fei-Fei Li, seorang peneliti terkemuka yang kerap disebut "Godmother AI", secara terbuka mengakui bahwa dirinya tidak sepenuhnya memahami konsep Artificial General Intelligence (AGI). Dalam sebuah diskusi di KTT Kepemimpinan AI yang diselenggarakan oleh Credo AI, Li mengatakan bahwa definisi AGI masih sangat kabur, bahkan untuk para ahli sekalipun.

 

Dilansir dari Tech Crunch (5/10), "Saya berasal dari dunia akademik AI yang lebih berbasis bukti, jadi saya tidak benar-benar tahu apa maksud dari istilah AGI ini. Sejujurnya, saya tidak banyak memikirkan istilah-istilah ini karena ada banyak hal yang lebih penting untuk dilakukan," ujar Li dalam diskusi tersebut yang diadakan di San Francisco.

 

Sebagai salah satu tokoh kunci dalam pengembangan AI modern, pernyataan Li cukup mengejutkan. Ia adalah pencipta ImageNet pada tahun 2006, dataset yang memainkan peran besar dalam mempercepat perkembangan AI saat ini. Pengakuan Li semakin menegaskan bahwa meskipun AGI menjadi fokus banyak perusahaan teknologi besar, seperti OpenAI, konsep tersebut masih jauh dari jelas bagi banyak pakar.