4 upaya Facebook lawan corona

Oleh: Zhafira Chlistina - Jumat, 03 Apr 2020 15:14 WIB

Facebook, perusahaan besar milik Mark Zuckerberg ini menjadi salah satu perusahaan yang gencar menggalakkan upayanya untuk memerangi Covid-19 dari segi penyebaran informasi.

Source: Marketingland

Upaya memberantas virus corona dengan memutus rantai penularannya memerlukan kontribusi dari berbagai pihak. Dari mulai instansi pemerintah, ahli medis, masyarakat, hingga perusahaan platform digital. Facebook, perusahaan besar milik Mark Zuckerberg ini menjadi salah satu perusahaan yang gencar menggalakkan upaya untuk memerangi Covid-19 dari segi penyebaran informasi.

Facebook berfokus pada empat visi di antaranya, memastikan semua orang memiliki informasi yang akurat, memutus rantai misinformasi dan konten berbahaya, memberikan dukungan bagi tenaga kesehatan dan upaya bantuan, serta mendukung pemerintah daerah, komunitas, dan pemilik bisnis.

Memastikan semua orang memiliki informasi yang akurat

Sebelumnya Facebook dan anak aplikasinya, Instagram dan Whatsapp, telah memberikan akses pintas kepada pengguna agar lebih mudah menerima informasi seputar Covid-19. Facebook dan Instagram memiliki fitur pop-up pada halaman utamanya yang mengarah ke sumber resmi terkait Covid-19. Dalam hal ini, mereka bekerjasama dengan World Health Organization (WHO) dan UNICEF sebagai pemberi sumber informasi. Arahan pemerintah kepada masyarakat untuk social-distancing juga mendorong Instagram mengajak penggunanya melakukan hal tersebut dengan membuat stiker Instagram Di Rumah Aja.

Di samping itu, Whatsapp meluncurkan WhatsApp Coronavirus Information Hub sebagai sarana komunikasi untuk memberikan panduan praktis dan sederhana kepada pengguna di seluruh dunia untuk mengurangi penyebaran rumor dan terhubung dengan informasi kesehatan yang lebih akurat. Di Indonesia, Whatapp memiliki chatbot U-Report yang bekerjasama dengan UNICEF. Fungsinya sama dengan fitur lainnya, untuk memberikan informasi terpercaya kepada masyarakat.