Ahli AI Google prediksi AI lima tahun kedepan : Era baru manusia hibrida

Oleh: Nur Chandra Laksana - Selasa, 22 Okt 2024 12:04 WIB

Lima tahun kedepan, menurut ahli AI Google Ray Kurzweil, AI akan dapat menandai era baru manusia hibrida.

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan merupakan sebuah kesadaran yang dibuat manusia untuk dapat meniru cara berpikir manusia yang berujung dapat membantu kehidupan manusia. Namun, banyak orang masih melihat AI sebagai ancaman dan takut terhadap teknologi yang satu ini.

Namun di balik semua kontroversi ini, AI masih dalam tahap pengembangan awal dan akan terus berkembang dengan pesat. Namun, sejauh apa sebenarnya AI dapat berkembang di masa depan?

Menjawab hal ini, seorang futuris terkenal bernama Ray Kurzweil telah memberikan pandangan masa depan terhadap AI. Dia menyebut, teknologi ini akan menandai era baru manusia hibrida yang mampu menua secara terbalik dalam lima tahun ke depan.

Dr Kurzweil yang merupakan Insinyur dari Google ini menjadi terkenal pada tahun 2005 ketika ia meramalkan dalam buku berjudul “The Singularity Is Near”, bahwa singularitas teknologi, yakni momen di mana AI melampaui semua manusia dan memicu “ledakan kecerdasan”, akan terjadi pada tahun 2045.

Dan pada buku yang akan dia rilis dalam waktu dekat ini, berjudul The Singularity is Nearer: When We Merge with AI, Dr Kurzweil memperbarui prediksi sebelumnya dan menguraikan bagaimana menurutnya teknologi AI dapat mengubah manusia secara biologis.