AI terus berkembang, peningkatan keahlian harus dipercepat

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 16 Okt 2024 14:31 WIB

Selain meningkatkan kurikulum di pendidikan formal seperti di kampus dan lainnya, program peningkatan keahlian harus dipercepat melalui sarana kursus yang berkompetensi.

AI saat ini menjadi teknologi yang berkembang dengan sangat pesat. Setiap pekan, ada satu inovasi baru yang berkaitan dengan AI yang tentunya dapat membuat para penggunanya dapat lebih efisien mengerjakan pekerjaan harian mereka.

Tapi, dengan pesatnya pengembangan teknologi, negara berkembang seperti Indonesia memiliki sebuah tantangan yang sangat besar, yakni keterbatasan pembelajaran terkait bidang AI. Lantas, apa yang bisa dilakukan?

Meningkatkan tingkat pendidikan dari level kuliah mungkin menjadi solusi. Tapi ini berarti, mereka yang sudah melewati tahap tersebut semakin sulit untuk mendapatkan pendidikan lebih mendalam dan mendapatkan sertifikasi terkait dengan pendidikan tersebut.

Nah, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan cara melakukan pelatihan yang nantinya akan memberikan sertifikasi terkait apa yang telah mereka lakukan. Dan salah satu pihak yang menawarkan hal ini adalah Coursera.

Nah untuk bidang AI sendiri, Coursera mengumumkan peluncuran program gelar baru, delapan Sertifikat Profesional, 20 sertifikat, dan Spesialisasi Generative AI (GenAI), serta kemampuan berbasis AI pada Coursera Connect regional 2024 di Indonesia.