Alasan besaran megapiksel bukan segalanya, faktor penting dalam memilih kamera ponsel

Oleh: Erlanmart - Senin, 26 Agst 2024 10:37 WIB

Ada beberapa alasan mengapa Anda tidak seharusnya membeli ponsel hanya berdasarkan jumlah megapiksel kamera.

Saat memilih ponsel baru, banyak orang cenderung terfokus pada jumlah megapiksel kamera. Namun, ada beberapa alasan mengapa Anda tidak seharusnya membeli ponsel hanya berdasarkan jumlah megapiksel kamera. Berikut adalah sejumlah faktor yang bisa menjadi bahan pertimbangan lain sebagaimana dilansir dari Gizmochina.

1. Megapiksel Tidak Menentukan Segalanya

Besaran megapiksel mengacu pada resolusi foto yang dapat diambil oleh kamera, dengan satu megapiksel setara dengan satu juta piksel. Meskipun lebih banyak piksel dapat menghasilkan gambar yang lebih tajam, perbedaannya menjadi kurang terlihat setelah titik tertentu. Misalnya, kamera 12 MP dan 48 MP mungkin tidak menghasilkan gambar yang sangat berbeda dalam penggunaan sehari-hari, terutama pada layar ponsel atau monitor komputer standar.

2. Ukuran Sensor Lebih Penting

Komponen paling kritis dari kamera ponsel adalah sensor gambar. Sensor yang lebih besar memungkinkan lebih banyak cahaya masuk, menghasilkan kinerja yang lebih baik dalam kondisi cahaya rendah, rentang dinamis (dynamic range) yang lebih baik, dan akurasi warna yang lebih kaya. Misalnya, seri Apple iPhone dan Google Pixel, yang dikenal dengan kinerja kamera yang luar biasa, menggunakan sensor yang menekankan kualitas daripada jumlah megapiksel.