Apa itu baterai bertumpuk yang akan disematkan pada Galaxy S24?

Oleh: Zhafira Chlistina - Minggu, 30 Jul 2023 07:53 WIB

Teknologi baterai bertumpuk, yang secara tradisional digunakan dalam industri EV, menawarkan banyak keuntungan yang dapat sangat meningkatkan masa pakai baterai smartphone.

Samsung Galaxy S24 yang akan datang dirumorkn akan menggunakan teknologi baterai bertumpuk. Teknologi inovatif ini, yang secara tradisional digunakan dalam industri EV, menawarkan banyak keuntungan yang dapat sangat meningkatkan masa pakai baterai smartphone.

Apa itu teknologi baterai bertumpuk?

Baterai bertumpuk (stacked battery) adalah teknologi baterai baru yang sedang dikembangkan untuk smartphone. Ini dirancang untuk meningkatkan kapasitas baterai smartphone tanpa menambah ukuran fisiknya, dengan menumpuk beberapa sel baterai di atas satu sama lain, alih-alih menempatkannya berdampingan.

Dikutip dari Gizmochina (29/7), terdapat banyak manfaat dari pengisian baterai bertumpuk. Pertama, ini memungkinkan kapasitas baterai yang lebih tinggi dalam ruang yang ringkas, faktor penting untuk smartphone di mana pengguna mengharapkan masa pakai baterai yang lebih lama tanpa mengorbankan ukuran perangkat. 

Kedua, pengisian baterai bertumpuk memungkinkan kecepatan pengisian lebih cepat dengan memungkinkan pengisian beberapa sel baterai secara bersamaan, secara efektif mengurangi waktu pengisian keseluruhan.