Apa itu smart rings dan manfaatnya bagi manusia?

Oleh: Zhafira Chlistina - Jumat, 11 Agst 2023 15:04 WIB

Smart rings pada dasarnya adalah komputer mini yang dapat dikenakan di jari manusia dan disematkan banyak sensor bermanfaat.

Wearable atau perangkat yang dapat dikenakan telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita sehari-hari. Dari pelacak kebugaran hingga jam tangan pintar, wearable menawarkan berbagai fungsi dengan bentuk yang beragam.

Yang paling unik dan belakangan ini muncul di dunia teknologi adalah smart rings atau cincin pintar. Pada dasarnya, smart rings adalah komputer mini yang dapat dikenakan di jari manusia. 

Meski ukurannya kecil, perangkat ini sangat kuat, dilengkapi dengan berbagai sensor, dan dapat melakukan banyak fungsi yang mirip dengan wearable yang lebih besar.

Smart ring dapat berfungsi dengan menghubungkannya ke perangkat pintar lain seperti smartphone. Ini akan terhubung melalui protokol komunikasi nirkabel seperti Bluetooth atau NFC (Near Field Communication). 

Sensor yang ada pada cincin ini dapat mengumpulkan data, yang akan diolah dan diteruskan ke aplikasi di perangkat yang terhubung. Data dapat berkisar detak jantung, pola tidur hingga mengenali gerakan tangan untuk mengontrol perangkat rumah pintar.