Apple, NVIDIA gunakan subtitle dari YouTube secara ilegal untuk latih AI

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 17 Jul 2024 13:04 WIB

EleutherAI, alat yang digunakan oleh Apple, NVIDIA, Anthropic, dan Salesforce diketahui menggunakan subtitle YouTube secara ilegal untuk latih AI.

Untuk membuat AI lebih pintar, para pengembang mesin AI menggunakan sangat banyak data sheet dari berbagai pihak. Oleh karena itu, kini banyak pekerja lepas yang menawarkan jasa mereka untuk menginput data, baik berbasis teks, audio, dan video dengan harga yang cukup fantastis.

Hal ini tentunya menjadi masalah bagi pengembang mesin AI, karena mereka selain harus mengeluarkan banyak dana untuk membangun server dan membayar listrik, mereka juga harus mencari cara untuk mengajari mesin AI tanpa harus mengeluarkan dana yang terlalu besar.

Jadi, apa yang pengembang AI lakukan untuk menekan biaya tersebut? Jawabannya adalah dengan pergi ke YouTube dan mencari data untuk diinput ke mesin AI mereka. Setidaknya, itu apa yang didapatkan oleh Proof News melalui investigasi mandiri yang mereka lakukan baru-baru ini.

Penemuan ini sendiri dipublikasikan oleh Wired, dimana beberapa perusahaan AI, seperti Apple, NVIDIA, Anthropic, dan Salesforce terindikasi telah menggunakan video di platform YouTube untuk melatih model AI mereka.

Laporan tersebut menyatakan bahwa perusahaan-perusahaan tersebut menggunakan subtitle dari video yang diunggah di platform tersebut. Yang lebih mencengangkan lagi, lebih dari 175,000 video dari 48.000 channel YouTube menjadi korban.