Apple perkuat kemampuan AI dengan jadi dewan pengamat OpenAI

Oleh: Erlanmart - Senin, 08 Jul 2024 16:10 WIB

Dalam langkah signifikan yang diumumkan bulan lalu, Apple akan mendapatkan peran pengamat di dewan OpenAI.

Dalam langkah signifikan yang diumumkan bulan lalu, Apple akan mendapatkan peran pengamat di dewan OpenAI. Kemitraan strategis ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan posisi AI Apple dalam lanskap teknologi. Peran tersebut, yang diisi oleh Phil Schiller, kepala Apple App Store dan mantan kepala pemasaran, akan secara resmi dimulai akhir tahun ini.

Phil Schiller akan menghadiri rapat dewan OpenAI, mendapatkan wawasan berharga tentang proses pengambilan keputusan tanpa memiliki hak untuk memilih atau mengambil keputusan. Dilansir dari Gizmochina (8/7), peran ini memberi Apple pemahaman yang lebih mendalam tentang strategi dan pengembangan OpenAI.

Langkah tersebut menempatkan Apple setara dengan Microsoft, pendukung terbesar OpenAI dan penyedia teknologi AI utama. Hal ini memungkinkan Apple untuk tetap kompetitif di bidang kecerdasan buatan (AI) yang berkembang pesat.

Kemitraan tersebut dapat menimbulkan komplikasi, mengingat persaingan lama antara Microsoft dan Apple. Microsoft mungkin ingin Schiller dikecualikan dari diskusi tentang inisiatif AI di masa depan yang melibatkan kedua perusahaan.

Phil Schiller, seorang Apple Fellow, mengawasi App Store dan mengelola acara peluncuran produk. Dia mengundurkan diri sebagai kepala pemasaran pada tahun 2020 tetapi tetap menjadi tokoh kunci di Apple. Selain itu, ia menjabat sebagai direktur di perusahaan teknologi medis Illumina.