Arm pede luncurkan 100 miliar perangkat untuk AI di 2025

Oleh: Erlanmart - Rabu, 05 Jun 2024 14:04 WIB

Arm Holdings berencana meluncurkan 100 miliar perangkat Arm pada tahun 2025. Inisiatif ini merupakan bagian dari strategi yang lebih luas untuk menjadikan Arm sebagai pemain kunci di pasar chip AI yang berkembang pesat.

Arm Holdings berencana meluncurkan 100 miliar perangkat Arm pada tahun 2025. Inisiatif ini merupakan bagian dari strategi yang lebih luas untuk menjadikan Arm sebagai pemain kunci di pasar chip AI yang berkembang pesat, yang diproyeksikan akan tumbuh dari $30 miliar pada tahun 2024 menjadi lebih dari $200 miliar pada tahun 2032.

Untuk mencapai hal ini, Arm akan membentuk divisi chip AI khusus. Divisi ini bertujuan untuk memproduksi prototipe pada musim semi 2025 dan memulai produksi massal pada musim gugur tahun yang sama.

Manufaktur akan dikelola oleh produsen kontrak, termasuk potensi kolaborasi dengan Taiwan Semiconductor Manufacturing Corp (TSMC) dan lainnya. Biaya pengembangan chip AI ini diperkirakan mencapai ratusan miliar yen, dengan dukungan finansial dari Arm dan kontribusi dari SoftBank.

Secara strategis, ada kemungkinan bisnis chip AI dapat dipisahkan dan diintegrasikan ke dalam SoftBank setelah produksi massal berjalan. Langkah ini sejalan dengan visi CEO SoftBank Masayoshi Son untuk mengubah SoftBank menjadi pembangkit tenaga AI.

Son telah mengalokasikan investasi sebesar $64 miliar untuk mendorong inovasi di berbagai sektor, termasuk pusat data, robotika, dan pembangkit listrik. Dia membayangkan mengintegrasikan teknologi AI, semikonduktor, dan robotika untuk merevolusi industri seperti pelayaran, farmasi, keuangan, manufaktur, dan logistik.