ARM umumkan teknologi super resolusi untuk game mobile agar seperti game AAA

Oleh: Erlanmart - Jumat, 12 Jul 2024 14:07 WIB

Arm telah meluncurkan terobosan baru untuk gamer mobile: Arm Accuracy Super Resolusi (ASR). .

Arm telah meluncurkan terobosan baru untuk gamer mobile: Arm Accuracy Super Resolusi (ASR). Teknologi peningkatan ini, berdasarkan FSR2 buatan AMD namun dioptimalkan untuk perangkat mobile, memungkinkan kamu menikmati game yang lebih lancar bahkan pada ponsel dan tablet yang berspesifikasi rendah.

Berbeda dengan FSR2 yang didesain untuk PC dan konsol kelas atas, ARM ASR mengutamakan aplikasi mobile dan berjalan lancar di perangkat dengan daya pemrosesan terbatas. Untuk lebih mempermanis kesepakatan, ARM menawarkan ASR sebagai solusi open-source, tersedia secara gratis bagi pengembang untuk diintegrasikan ke dalam game mereka tanpa biaya lisensi.

Dilansir dari Gizmochina (12/7), teknologi ini mencapai titik kritis. Dengan meningkatnya kekuatan pemrosesan prosesor ARM (seperti chip seri M Apple yang menghadirkan ARM ke laptop), game mobile sedang meroket, bahkan dengan judul AAA yang menuntut mendarat di ponsel dan tablet. ARM ASR mengatasi perubahan ini dengan dioptimalkan secara khusus untuk keterbatasan mobile.

Tes internal oleh ARM sangat mengesankan. Menggunakan GPU spesifik dengan resolusi peningkatan 2x, ASR memberikan peningkatan frame rate sebesar 53% dibandingkan dengan FSR2 sebesar 36%. Selain itu, pengujian dengan chip Dimensity 9300 MediaTek menunjukkan bahwa 2x ASR mengurangi konsumsi daya lebih dari 20% dibandingkan dengan rendering 1080p asli. Hal ini berarti sesi permainan yang lebih lama pada perangkat bertenaga baterai dan membantu mencegah panas berlebih – yang merupakan kekhawatiran utama bagi para gamer mobile.

Meskipun bukan teknologi resolusi super mobile pertama (penawaran Qualcomm berfokus pada kinerja dibandingkan kualitas gambar), ARM ASR mengambil pendekatan yang berbeda. Ini menggunakan teknologi pengambilan sampel resolusi super temporal, bekerja dengan mesin game untuk menghasilkan kualitas gambar yang lebih tinggi tetapi dengan tuntutan pemrosesan yang sedikit lebih tinggi.