Bocoran ungkap Snapdragon 8 Gen 4 punya GPU andal tetapi CPU yang biasa

Oleh: Erlanmart - Kamis, 25 Jul 2024 08:18 WIB

Qualcomm bersiap untuk merilis prosesor mobile flagship berikutnya, Snapdragon 8 Gen 4. Versi ini diharapkan memberikan peningkatan kinerja dan efisiensi yang signifikan.

Qualcomm bersiap untuk merilis prosesor mobile flagship berikutnya, Snapdragon 8 Gen 4. Versi ini diharapkan memberikan peningkatan kinerja dan efisiensi yang signifikan, berkat core Oryon yang dirancang khusus dan node proses 3nm generasi kedua TSMC.

Dilansir dari Gizmochina (25/7), namun bocoran baru menunjukkan hasil yang beragam – GPU Adreno 750 di 8 Gen 4 akan menawarkan peningkatan kinerja per watt yang mengesankan, sementara kinerja CPU tampaknya lebih meningkat.

Menurut pengguna X (dulu Twitter) @negativeonehero, pengujian internal GPU 8 Gen 4 mencapai kinerja puncak yang serupa dengan GPU MediaTek Dimensity 9300, tetapi dengan konsumsi daya setengahnya. Hal ini dapat menghasilkan masa pakai baterai yang lebih lama dan kinerja ponsel yang lebih dingin untuk tugas-tugas berat seperti bermain game.

Looking at the internal testing data of 8G4, the CPU efficiency improvement is in the single digit percentage, but the GPU improvement is huge, D9300 peak at half the power is possible. If you care about CPU performance, please skip this generation and wait for 8G5. pic.twitter.com/6Le8FlN0M9 — sun.dtsi (@negativeonehero) July 21, 2024

Di sisi CPU, prospeknya kurang optimis. Bocoran tersebut mengklaim bahwa Snapdragon 8 Gen 4, dengan core Oryon khusus, memberikan skor multi-core sekitar 7.300 hanya pada 8W.