Bug SinkClose ditemukan di prosesor AMD, Peneliti: Jika terinfeksi malware maka buang CPU kalian

Oleh: Nur Chandra Laksana - Senin, 12 Agst 2024 19:23 WIB

Sebuah bug bernama SinkClose di prosesor AMD baru saja ditemukan, bisa serang level terdalam dari CPU dan sangat berbahaya.

Masih ingat kejadian kerentanan Meltdown dan Spectre yang menyerang prosesor Intel beberapa tahun lalu? Ternyata, baru-baru ini terungkap bahwa AMD juga ternyata memiliki sebuah bug yang cukup serius di prosesor mereka.

Dalam sebuah laporan terbaru, dikutip dari laman Interest (12/8), bug ini diketahui dengan sebutan bug SinkClose. Parahnya lagi, bug ini telah terdapat di jutaan prosesor AMD selama beberapa dekade terakhir ini.

Bug tersebut ditemukan oleh dua peneliti di vendor keamanan IOActive. Andy Greenberg yang melakukan penelitian ini menyebut, “Bug ini mempengaruhi hampir semua chip AMD yang dibuat sejak 2006, atau mungkin bahkan lebih awal."

Cara kerja bug SinkClose cukup mendalam. Tetapi chip AMD memiliki Mode Manajemen Sistem (SMM) yang memiliki hak istimewa tertinggi pada komputer. Lalu, apa yang dapat dilakukan dengan SinkClose, jika kalian seorang peretas-penyerang jahat?

Singkat cerita, saat peretas bisa masuk ke SMM, mereka dapat menjalankan kode berbahaya yang tidak dapat dideteksi oleh antivirus. Kode yang tidak terdeteksi itu memiliki akses penuh ke semua bagian komputer, yang dalam konteks infosec adalah yang terburuk.