Cara tingkatkan performa laptop yang mulai lambat

Oleh: M. Ramdan - Senin, 18 Okt 2021 14:15 WIB

Perawatan akan laptop sangat diperlukan agar kecepatan laptop tetap stabil. Apalagi jika kamu seorang gamer, tentu ingin mendapatkan performa tinggi. Simak tipsnya.

Source: Pexels

Bekerja atau bermain game dengan laptop yang lambat tentu terasa menjengkelkan. Meski laptop kamu lambat, bukan kamu kalian harus menggantinya. Seiring lamanya pemakaian, laptop memang akan terasa berat. Sebab, semakin lama, semakin banyak file dan program yang digunakan maupun disimpan.

Untuk itu, perawatan akan laptop sangat diperlukan agar kecepatan laptop tetap stabil. Apalagi jika kamu seorang gamer, tentu ingin mendapatkan performa tinggi agar merasakan tampilan grafis yang bagus. Untuk itu, berikut Tek.id rangkum cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan performa laptop.

1. Upgrade RAM

Cara ini membutuhkan biaya yang lumayan, tapi dengan menambah RAM laptop kamu menjadi Dual Channel, terbukti memiliki kecepatan yang lebih baik dibandingkan RAM Single Channel. Cara ini juga membuat laptop kalian semakin responsif dan mampu memaksimalkan kemampuan perangkat.

Kekurangan RAM dengan konfigurasi Dual Channel adalah konsumsi daya yang sedikit lebih boros dan harganya yang harus kamu bayar untuk menambah RAM. Namun kalau kamu tetap berencana upgrade RAM, pastikan kapasitas RAM-nya sama, kecepatan baca dan tulisan yang direkomendasikan juga sama, serta tipe RAM yang sama. Misalnya untuk laptop, menggunakan jenis SO-DIMM, sedangkan untuk PC jenis RAM-nya DIMM.

Tag