CEO OpenAI Sam Altman dapat Golden Visa pertama dari Indonesia, kok bisa?

Oleh: Zhafira Chlistina - Rabu, 13 Sep 2023 09:10 WIB

Sam Altman merupakan orang pertama yang menerima Golden Visa dari Direktorat Jenderal Imigraasi Republik Indonesia.

Kecerdasan buatan (AI) merupakan sesuatu yang tidak bisa dielak di zaman sekarang ini. Sejak kemunculan ChatGPT oleh OpenAI, model bahasa berbasis AI ini menjadi santer di mana-mana, tak ketinggalan Indonesia.

Setelah mengundang CEO OpenAI Sam Altman dalam Conversation with Sam Altman yang diselenggarakan oleh KORIKA bersama dengan GDP Venture, kini pemerintah tampaknya ingin melanjutkan jalin hubungan dengan pemimpin perusahaan AI ternama itu.

Pasalnya, Altman baru-baru ini menerima Golden Visa RI dari Direktorat Jenderal Imigrasi Republik Indonesia. Dia merupakan orang pertama yang menerima viaa khusus tersebut di Tanah Air.

Dikutip dari laman resmi Imigrasi RI, Golden visa merupakan jenis visa yang diberikan sebagai dasar pemberian izin tinggal dalam jangka waktu 5 (lima) s.d. 10 (sepuluh) tahun dengan tujuan mendukung perekonomian nasional.

Dengan mengantongi visa ini, Altman akan menerima sejumlah manfaat eksklusif, antara lain jalur pemeriksaan dan layanan prioritas di bandara, serta jangka waktu tinggal lebih lama.