Timbulkan banyak masalah, Chiper berikan kunci ransomware secara gratis ke pemerintah Indonesia

Oleh: Nur Chandra Laksana - Selasa, 02 Jul 2024 12:03 WIB

Dalam sebuah pengumuman publik, Chiper yang melakukan peretasan ke PDNS mengumumkan akan memberikan kunci ransomware tersebut secara gratis, ditambah dengan sejumlah donasi.

Kisruh mengenai serangan Ransomware di Server Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) mencapai puncaknya. Hal ini dikarenakan pemerintah pada akhirnya akan dapat keluar dari masalah data yang terkunci di server PDNS.

Namun, bukannya berhasil memecahkan masalah ini sendiri, namun sebuah plot twist besar terjadi. Chiper, sang hacker yang berhasil membobol server PDNS, mengungkapkan akan memberikan key untuk membuka data yang telah terkunci oleh Ransomware bernama Brain Cipher.

Hal ini diungkapkan oleh sebuah postingan dari akun bernama Fusion Intelligence Center @ StealthMole di X beberapa waktu lalu. Pada sebuah situs di Black Market, para peretas pun mengumumkan akan memberikan key enkripsi tersebut secara gratis pada Rabu (3/7).

 

Ransomware gang Brain Cipher announced they'll release decryption keys for free this Wednesday. They emphasized the need for cybersecurity funding and specialists. Apologies to Indonesia for the disruption. They request public acknowledgment of their decision. pic.twitter.com/FNNg0YsoAp