Generative AI ChatBot makin menyala! Costumer service manusia akan tergantikan AI
Kemampuan artificial intelligence atau AI semakin membaik. Bahkan, teknologi ini bisa gantikan costumer service manusia di masa depan.
Bagi perusahaan yang memiliki ribuan pelanggan, pelayanan Customer Service (CS) sangat menentukan kepuasan pelanggan. Namun mengelola CS juga bukanlah hal yang mudah. Tugas CS akan berbanding lurus terhadap pengembangan produk dan penambahan.
Dampaknya, perusahaan akan terus melakukan pengembagan SDM di area CS agar kepuasan pelanggan dapat terjaga. Namun di sisi lain hal itu juga meningkatkan biaya operasional perusahaan. Oleh sebab itu perusahaan-perusahaan modern saat ini mulai menggunakan kecanggihan Generative AI chatbot agar pekerjaan CS dapat dilakukan jauh lebih efisien
Generative AI chatbot dapat membantu signifikan karena kemampuannya untuk menangani berbagai permintaan secara cepat dan efisien, memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik tanpa memerlukan interaksi manusia secara langsung, sehingga meningkatkan skala dan kualitas layanan.
Chatbot juga terbukti membantu mempercepat respons, mengurangi waktu tunggu, serta memberikan pengalaman yang lebih personal kepada pelanggan, yang secara signifikan meningkatkan kepuasan pelanggan.
Manfaat Generative AI Chatbot sudah dibuktikan oleh perusahaan jasa keuangan global, ING (Internationale Nederlanden Groep). ING dikenal sebagai salah satu bank terbesar di dunia dengan kehadiran yang kuat di Eropa, khususnya di Belanda, Belgia, dan Jerman. Perusahaan ini fokus pada inovasi digital, seperti penggunaan teknologi AI dan layanan perbankan online, untuk meningkatkan pengalaman pelanggan di sektor keuangan.