DANA ajak PRT berdaya ekonomi digital
DANA dan Women’s World Banking lanjutkan program Edukasi Digital Nasional melalui pelatihan insentif dan mentoring literasi keuangan bersama JALA PRT.
DANA menggandeng Women’s World Banking dan JALA PRT untuk memberikan serangkaian pelatihan intensif keuangan digital kepada lebih dari 12.000 anggota komunitas Pekerja Rumah Tangga (PRT). Pelatihan keuangan digital ini akan diadakan sebanyak empat kali dengan menghadirkan berbagai narasumber profesional yang akan mengupas dan mengajarkan praktek praktis keuangan digital kepada PRT agar semakin cakap dalam mengelola keuangan mereka sehari-hari.
Sebelumnya, DANA telah menyelenggarakan Edukasi Digital Finansial. Program ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan digital bagi pekerja rumah tangga serta memungkinkan mereka untuk beradaptasi dengan tantangan yang ada untuk menyejahterakan keluarga mereka. Hasilnya, sepanjang Program Edukasi Digital Finansial dari bulan Agustus 2021 hingga Maret 2022 tercatat lebih dari 90.000 pengguna DANA mengikuti program ini dan 56% transaksi berasal dari pemberi kerja.
“Kami berupaya menjangkau masyarakat yang lebih luas dengan mengajak komunitas PRT untuk semakin cakap menggunakan teknologi finansial dalam kehidupan hariannya. Melalui rangkaian pelatihan ini diharapkan para peserta dapat semakin mengenal berbagai kemudahan, keamanan, dan kenyamanan yang ditawarkan DANA dalam menghadirkan berbagai layanan keuangan untuk membantu aktivitas harian,” kata Chief of People & Corporate Strategy DANA.
Memulai rangkaian pelatihan keuangan digital, pelatihan sesi pertama diisi oleh Jahotman dan Munawir yang akan membahas mengenai perkenalan profil perusahaan DANA, demo singkat atas fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi DANA dan pemaparan atas pengelolaan keuangan pribadi.
Sementara pelatihan kedua hingga empat akan diadakan di sepanjang bulan Februari hingga Maret 2023. Setelah pelatihan keuangan digital ini selesai, para peserta akan akan dimonitoring untuk mengetahui kecakapan mereka dalam melakukan berbagai transaksi di DANA dan akan mendapatkan insentif, sehingga diharapkan mereka akan terbiasa menggunakan keuangan digital dalam kesehariannya yang dapat meningkatkan literasi keuangan pada segmentasi PRT.