Dukung AI, Western Digital umumkan Siklus Data AI

Oleh: Nur Chandra Laksana - Kamis, 13 Jun 2024 16:26 WIB

Untuk mendukung perkembangan AI yang lebih baik, Western Digital hadirkan Siklus Data AI bersama dengan SSD PCIe Gen 5 khusus AI.

Western Digital barus saja mengumumkan kehadiran Siklus Data AI. Ini merupakan kerangka kerja enam tahap yang dirancang untuk mendefinisikan kombinasi optimal dari kapasitas penyimpanan untuk beban kerja AI skala besar. 

Kerangka kerja ini bertujuan untuk membantu pelanggan dalam merencanakan dan mengembangkan infrastruktur penyimpanan yang canggih. Dengan menggunakan sistem ini, pengguna dapat memaksimalkan investasi AI mereka, meningkatkan efisiensi, dan mengurangi total biaya kepemilikan (TCO) dari alur kerja AI mereka.

Kerangka kerja ini menanggapi kebutuhan akan sistem penyimpanan yang mampu mendukung beban kerja AI yang intensif dan kecepatan komputasi yang tinggi, yang diperlukan untuk menjalankan model AI yang besar dan kompleks serta mengelola volume data yang besar. Western Digital telah menyelaraskan roadmap produk dan teknologi Flash dan HDD mereka dengan kebutuhan penyimpanan di setiap tahap siklus ini.

Mereka juga telah meluncurkan SSD PCIe Gen 5 baru dengan kinerja tinggi untuk mendukung pelatihan dan inferensi AI, SSD berkapasitas 64TB untuk AI Data Lake berkecepatan tinggi, dan HDD ePMR, UltraSMR 32TB dengan kapasitas terbesar di dunia untuk penyimpanan skala besar yang efisien biaya.