Facebook akuisisi GIPHY dengan mahar Rp5,9 triliun

Oleh: Zhafira Chlistina - Sabtu, 16 Mei 2020 09:30 WIB

Walaupun telah diakuisisi Facebook dengan nilai Rp5,9 T, GIPHY dan pengguna masih dapat beroperasi seperti biasanya untuk saat ini.

Source: Facebook

Facebook dikabarkan telah mengakuisisi GIPHY dengan menggelontorkan dana USD400 juta atau sekitar Rp5,9 triliun. Facebook mengumumkan, bahwa konten GIPHY akan segera diintegrasikan lebih jauh ke aplikasi Instagram dan aplikasi lain milik perusahaan.

“Kami melihat positifnya cara orang menggunakan GIPHY dalam produk kami belakangan ini, dan kami tahu bahwa menyatukan kreativitas dan bakat tim GIPHY dengan kami hanya akan mempercepat cara orang menggunakan komunikasi visual untuk terhubung satu sama lain,” kata Facebook dilansir dari Digital Trends (16/5).

Hadir pada tahun 2013, GIPHY awalnya hanya bekerja sebagai mesin pencarian GIF. Seiring waktu, layanannya diperluas untuk meng-host video loop pendek, dengan mesin pencari yang memungkinkan orang untuk menemukan klip yang relevan berdasarkan topik yang ditandai. Sebelum terintegrasi dengan Twitter, Facebook lebih dulu terintegrasi dengan GIPHY.

Dua tahun selanjutnya, GIPHY meluncurkan alat untuk membuat GIF. Ia juga meluncurkan GIPHY Cam untuk mengambil klip pendek dan mengubahnya menjadi animasi yang di-hosting oleh situs. Awalnya layanan ini hanya tersedia untuk iOS, lalu pada 2016 diperbarui dengan versi Android.

Nasib GIPHY setelah diakuisisi