Facebook cs sumbang dan gratiskan iklan demi tangkal corona

Oleh: Zhafira Chlistina - Sabtu, 14 Mar 2020 21:16 WIB

Sejumlah perusahaan teknologi seperti Facebook, Microsoft, Google, Amazon, Alibaba, dan Didi Chuxing turut menyumbangkan uang untuk upaya terkait virus corona.

Source: Tek.id

Langkah serta upaya telah dilakukan beberapa perusahaan teknologi besar terkait penyebaran virus corona atau COVID-19. Facebook, Microsoft, Google, serta Amazon telah berkontribusi dalam upaya melawan virus corona ini. Bantuan material pun turut diberikan, seperti halnya Facebook yang mendonasikan USD20 juta dari keuntungannya pada kuartal ini untuk mendukung upaya penanganan virus corona. CEO Facebook - Mark Zuckerberg ikut mendonasikan USD10 juta kepada United Nations Foundation (UNF) dan COVID-19 Solidarity Response Fund World Health Organization (WHO). Tambahan USD10 juta juga ia berikan ke Yayasan CDC yang akan merilis penggalangan dana Facebook pada pekan yang akan datang.

Selain Facebook, beberapa perusahaan asal Tiongkok turut menyumbang, di antaranya Didi Chuxing dan Alibaba. Didi Chuxing merupakan platform transportasi di Tiongkok. Perusahaan ini telah memberikan dana bantuan khusus bagi mitra pengemudinya dan kurir di pasar internasional. Sementara Alibaba, mengirimkan 500.000 alat penguji dan satu juta masker ke Amerika Serikat.

Perusahaan teknologi lainnya yang bermarkas di Seattle, Microsoft dan Amazon, masing-masing mendonasikan USD1 juta. Dana ini juga mereka keluarkan dari keuntungan kuartalnya.Tidak seperti perusahaan lainnya, Google.org dan Google mendonasikan lebih dari USD1 juta bersumber dari pegawainya.

Selain bantuan material, layanan iklan pada Facebook juga digratiskan untuk WHO. Pada Selasa (10/3), Zuckerberg mengatakan jejaring sosialnya itu memberikan WHO iklan gratis sebanyak yang mereka butuhkan untuk penjangkauan publik lebih luas terkait distribusi informasi virus corona. Tidak hanya WHO, sejumlah otoritas kesehatan juga akan disediakan ruang iklan secara gratis.