Fokus di AI, Intel juga luncurkan Gaudi 3

Oleh: Nur Chandra Laksana - Selasa, 04 Jun 2024 12:01 WIB

Selain meluncurkan Lunar Lake, Intel menunjukkan keseriusannya di bidang AI dengan meluncurkan Gaudi 3.

Intel tampaknya tidak selesai dalam mengumumkan produk baru yang berkaitan dengan AI. Selain mengumumkan Lunar Lake dan Xeon 6, mereka juga mengumumkan kehadiran akselerator AI Intel Gaudi 3 yang merupakan generasi terbaru dari Intel.

Sebagai satu-satunya alternatif yang telah diuji MLPerf selain Nvidia H100 untuk pelatihan dan inferensi model bahasa besar (LLM), arsitektur Gaudi memberikan kinerja GenAI yang dicari pelanggan dengan keuntungan harga-kinerja yang memberikan pilihan dan waktu penyebaran yang cepat dengan biaya total operasi yang lebih rendah.

Kit AI standar termasuk delapan akselerator Intel Gaudi 2 dengan universal baseboard (UBB) yang ditawarkan kepada penyedia sistem seharga $65,000 diperkirakan hanya sepertiga dari biaya platform kompetitif yang sebanding. Kit yang mencakup delapan akselerator Intel Gaudi 3 dengan UBB akan dihargai $125,000, diperkirakan dua pertiga dari biaya platform kompetitif yang sebanding.

Akselerator Intel Gaudi 3 akan memberikan peningkatan kinerja yang signifikan untuk tugas pelatihan dan inferensi pada model GenAI terkemuka, membantu perusahaan membuka nilai dalam data proprietari mereka. 

Kluster akselerator Intel Gaudi 3 meningkat menjadi 8,192 unit, yang diproyeksikan menawarkan waktu pelatihan hingga 40% lebih cepat dibandingkan dengan kluster GPU Nvidia H100 ukuran yang sama dan throughput pelatihan hingga 15% lebih cepat untuk kluster akselerator 64 unit dibandingkan Nvidia H100 pada model Llama2-70B.