Kesal fotonya ditandai sebagai karya AI oleh Meta, fotografer ngamuk di medsos

Oleh: Nur Chandra Laksana - Kamis, 27 Jun 2024 17:03 WIB

Sejumlah fotografer di platform Instagram, Facebook, dan Threads mengaku kesal hasil karya mereka ditandai hasil buatan AI oleh AI di platform tersebut.

Postingan yang merupakan hasil Generative AI di platform media sosial saat ini semakin ramai ditemui. Hal ini dikarenakan pengguna semakin mudah membuat sebuah konten menggunakan AI dengan menjamurnya situs yang menawarkan kemampuan tersebut.

Untuk memberikan informasi ke pengguna, Meta telah mengimplementasikan fitur dimana platform mereka, seperti Facebook, Instagram, dan Threads, dapat menandai sebuah postingan yang sekiranya dinilai hasil ciptaan AI atau bukan menggunakan teknologi AI juga.

Tapi apesnya, sistem yang satu ini ternyata masih belum sempurna. Para fotografer melaporkan bahwa foto mereka tidak jarang ditandai oleh AI Meta sebagai karya yang diciptakan oleh AI. Dan hal ini merepotkan para fotografer.

Dilansir dari TechCrunch (27/6), upaya Meta untuk mengidentifikasi gambar nyata dari yang dihasilkan oleh AI telah menimbulkan masalah. Beberapa pengguna, terutama fotografer, telah menyoroti penandaan yang salah pada konten asli mereka oleh perusahaan ini.

Para fotografer berbagi cerita tentang foto mereka yang ditandai sebagai hasil gambar AI. Dan salah satu fotografer Gedung Putih, Peter Souza, mengatakan bahwa foto yang diambilnya saat pertandingan bola basket diberi tanda AI.