Gojek bagikan tren bisnis UMKM di 2021
Gojek menemukan beberapa hal menarik yang diprediksikan akan tetap menjadi tren usaha bagi UMKM di 2021.
Gojek telah meluncurkan serangkaian solusi digital yang memudahkan para pelaku UMKM bermigrasi ke bisnis online sepanjang 2020 lalu. Sepanjang tahun tersebut, Gojek menemukan beberapa hal menarik yang diprediksikan akan tetap menjadi tren usaha bagi UMKM di 2021.
Pandemi Covid–19 telah membawa kebiasaan baru yang membuat meningkatnya aktivitas belanja online. Head of Merchant Platform Busines Gojek, Novie Tandjung mengatakan, pandemi Covid–19 menyadarkan banyak orang, termasuk para pelaku UMKM untuk pentingnya membuka usaha di platform digital.
Dalam konfrensi pers yang digelar secara virtual, Novie juga mengatakan, pernah dalam satu hari terdapat 3.000 UMKM yang mendaftar menjadi merchant Gojek. Akan tetapi, masih banyak pengusaha pemula yang perlu dukungan untuk terus mengembangkan usahanya. Sebagai bentuk dukungan yang diberikan kepada UMKM, Gojek membagikan sejumlah temuan menarik berdasarkan data internal pada 2020 yang diprediksi akan tetap menjadi tren usaha bagi UMKM di 2021. Beberapa di antara tren tersebut meliputi:
Tren Usaha Kuliner
Tren usaha kuliner rumahan meningkat selama 2020. Ada berbagai menu yang paling banyak dicari pelanggan berdasarkan kata kunci. Paling banyak yang dipesan di Gofood adalah Ayam Goreng dan Kopi Susu selama 2020. Namun, diprediksi pada 2021, Dessert Box dan Rice Bowl akan menjadi terfavorit.