Gojek dan Tokopedia resmi merger jadi GoTo
Gojek dan Tokopedia secara resmi merger dan mengumumkan pembentukan Grup GoTo. GoTo menjadi kekuatan Gojek dan Tokopedia, menciptakan ekosistem unik dan saling melengkapi secara global.
Gojek dan Tokopedia secara resmi merger dan mengumumkan pembentukan Grup GoTo. GoTo menjadi grup teknologi terbesar di Indonesia yang menjadi ekosistem yang menyediakan berbagai solusi untuk menjalani keseharian (“go to” ecosystem for daily life). Pembentukan Grup GoTo merupakan kolaborasi usaha terbesar di Indonesia, sekaligus kolaborasi terbesar antara dua perusahaan internet dan layanan media di Asia hingga saat ini.
GoTo menjadi kekuatan Gojek dan Tokopedia, menciptakan ekosistem unik dan saling melengkapi secara global. "Dengan mengombinasikan layanan e-commerce, pengiriman barang dan makanan, transportasi serta keuangan, Grup GoTo akan menciptakan platform konsumen digital terbesar di Indonesia, melayani sebagian besar kebutuhan konsumsi rumah tangga," demikian pernyataan GoTo dalam email yang diterima Tek.id (17/5).
Jaringan mitra usaha serta mitra driver di dalam Grup GoTo yang saling melengkapi akan menghadirkan pilihan barang dan jasa bagi pengguna, didukung oleh layanan pembayaran digital dan keuangan yang akan semakin mempermudah kehidupan masyarakat sekaligus meningkatkan inklusi keuangan secara signifikan.
Setelah Gojek dan Tokopedia merger, Grup GoTo kini tercatat memiliki:
- Total Gross Transaction Value (GTV) secara Grup lebih dari US $22 miliar pada tahun 2020
- Lebih dari 1,8 miliar transaksi pada tahun 2020
- Lebih dari dua juta mitra driver yang terdaftar per Desember 2020
- Lebih dari 11 juta mitra usaha (merchant) per Desember 2020
- Lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan (Monthly Active User/MAU)
- Kontribusi sebesar 2% kepada total PDB Indonesia
Indonesia memiliki PDB lebih dari USD 1 triliun, serta merupakan negara dengan populasi terbesar ke-empat di dunia dengan total penduduk 270 juta. Grup GoTo menyatakan akan menggarap potensi besar pertumbuhan ekonomi Indonesia - terbesar di Asia Tenggara - yang memiliki segmen kelas menengah yang terus bertumbuh pesat serta populasi muda yang sangat tanggap teknologi.