Langkah baru Google untuk meningkatkan kepercayaan pada hasil pencarian

Oleh: Erlanmart - Senin, 07 Okt 2024 13:04 WIB

Google sedang menguji fitur baru yang menampilkan tanda centang biru di samping hasil pencarian untuk bisnis tertentu.

Google sedang menguji fitur baru yang menampilkan tanda centang biru di samping hasil pencarian untuk bisnis tertentu. Fitur ini bertujuan untuk membantu pengguna dengan mudah mengidentifikasi situs web yang sah dan dapat dipercaya. Tanda centang biru ini mirip dengan tanda verifikasi yang biasa kita lihat di media sosial seperti Instagram atau X (sebelumnya Twitter).

Dilansir dari Gizmochina (7/10), ketika pengguna Google mencari nama perusahaan tertentu, mereka mungkin melihat tanda centang biru di samping beberapa hasil pencarian, yang menunjukkan bahwa tautan tersebut adalah tautan resmi ke situs perusahaan tersebut.

Google mengklaim bahwa tanda centang ini ditampilkan berdasarkan sinyal dari mereka yang menunjukkan bahwa bisnis tersebut adalah yang sebenarnya. Namun, Google juga memberikan peringatan bahwa mereka tidak dapat menjamin keandalan bisnis atau produk tersebut.

Fitur ini masih berada dalam tahap percobaan dan belum secara luas tersedia. Pada saat ini, tanda tambah biru hanya muncul di samping situs web perusahaan besar dan terkenal, terutama di sektor teknologi, fashion, dan otomotif. Beberapa merek yang telah ditampilkan tanda tambah biru termasuk Meta, Nike, Amazon, Apple, dan Samsung.

Tujuan utama dari fitur ini adalah untuk memastikan bahwa pengguna akhirnya berada di situs yang mereka maksud, sehingga menghindari aktor jahat yang mengeksploitasi kesalahan pengetikan atau situs peniruan. Ini juga merupakan lanjutan dari penambahan tanda verifikasi biru untuk pengirim email Gmail pada tahun sebelumnya.