Google Bard kini menjadi Gemini, biaya layanan Advance 30 ribuan per bulan

Oleh: Nur Chandra Laksana - Selasa, 13 Feb 2024 11:55 WIB

Google mengganti nama Bard jadi Gemini, tawarkan layanan Advance dengan harga langganan Rp30 ribu-an per bulan.

Google secara resmi telah mengganti nama Bard menjadi Gemini. Seperti diketahui, Bard telah diperkenalkan tahun lalu dan para pengguna layanan mereka sudah dapat menggunakan teknologi berbasis AI ini untuk berbagai hal.

Vice President and General Manager, Gemini experiences and Google Assistant, Sissie Hsiao mengatakan bahwa misi dari Gemini masih sama dengan Bard.

“Misi kami bersama Bard adalah memberi kalian akses langsung ke model AI kami, dan Gemini mewakili rangkaian model kami yang paling mumpuni. Untuk mencerminkan hal ini, Bard sekarang hanya dikenal sebagai Gemini,” ujar Sissie dalam sebuah postingan blog resmi Google.

Gemini saat ini hadir dengan model Pro 1.0, yang dimana sudah mendukung lebih dari 40 bahasa dan lebih dari 230 negara dan wilayah, termasuk di Indonesia. “Dan kini, kami menghadirkan dua pengalaman baru — Gemini Advanced dan aplikasi mobile — untuk membantu kalian berkolaborasi dengan mudah menggunakan fitur terbaik Google AI,” jelas Sissie.

“Hari ini kami meluncurkan Gemini Advanced — pengalaman baru yang memberi Anda akses ke Ultra 1.0, model AI tercanggih dan terbesar kami. Dalam evaluasi buta dengan penilai pihak ketiga kami, Gemini Advanced dengan Ultra 1.0 kini menjadi chatbot yang paling disukai dibandingkan alternatif terkemuka.”