Google Play Store tingkatkan pengalaman pengguna dengan fitur AI dan personalisasi

Oleh: Erlanmart - Kamis, 25 Jul 2024 11:39 WIB

Google baru saja mengumumkan serangkaian pembaruan pada Play Store dalam upaya membuatnya lebih menyenangkan untuk digunakan.

Google

Google baru saja mengumumkan serangkaian pembaruan pada Play Store dalam upaya membuatnya lebih menyenangkan untuk digunakan. Ini adalah bagian dari langkah lebih besar yang dilakukan perusahaan untuk mengubah pasar online menjadi “pengalaman menyeluruh yang lebih dari sekadar toko.”

Dilansir dari Engadget (25/7), pembaruan tersebut menghadirkan ringkasan ulasan yang dihasilkan AI yang diambil dari ulasan pengguna untuk mengembangkan konsensus. Kamu mungkin pernah menjumpai hal semacam ini di Facebook dan saat menggunakan pencarian Google. Perusahaan pertama kali mengumumkan fitur ini pada acara I/O tahun ini.

Pendekatan yang berhubungan dengan AI ini juga akan berlaku untuk FAQ yang dibuat secara otomatis tentang setiap aplikasi yang didukung oleh model Gemini. Selain itu, akan ada sorotan yang dihasilkan AI yang menawarkan ringkasan singkat dari aplikasi tertentu.

Google memamerkan gambar diam ini untuk aplikasi pengeditan foto yang sorotannya mencakup jumlah filter dan tata letak yang tersedia, selain alat dan opsi berbagi. Pendekatan AI ini juga memungkinkan pengguna membandingkan aplikasi dalam kategori serupa dengan cepat.

Google juga meluncurkan ruang bersama di Play Store. Ini bukan komunitas atau jejaring sosial mini, seperti Reddit atau semacamnya, melainkan halaman pembuka untuk berbagai topik yang menarik. Perusahaan memulai proyek ini dengan uji coba yang melibatkan kriket. Ruang bersama memberi pengguna di India kemampuan untuk “menjelajahi semua konten kriket mereka dari berbagai saluran di satu tempat yang nyaman.”