Harga Snapdragon 8 Gen3 melonjak, produsen ponsel bersiap cari alternatif lain

Oleh: Zhafira Chlistina - Selasa, 15 Agst 2023 13:12 WIB

Kenaikan harga Snapdragon 8 Gen3 dapat membuat OEM memilih untuk menggunakan kembali Snapdragon 8 Gen2 atau beralih ke MediaTek Dimensity 9300.

Chipset Qualcomm yang akan datang, Snapdragon 8 Gen3, dilaporkan akan membawa label harga tinggi. Karena hal ini, beberapa produsen smartphone Android dilaporkan sedang mencari alternatif lain untuk perangkatnya di 2024. 

Laporan datang dari leaker terkenal, Digital Chat Station. Pembocor itu mengklaim melalui postingan Weibo bahwa kenaikan harga Snapdragon 8 Gen3 dapat membuat OEM memilih untuk menggunakan kembali Snapdragon 8 Gen2, meski telah diluncurkan satu tahun yang lalu. 

Alternatif lain, beberapa OEM besar mungkin akan beralih ke merek MediaTek, khususnya Dimensity 9300 yang baru diumumkan dan dikabarkan memiliki kinerja yang sebanding dengan Snapdragon 8 Gen3. 

"Biaya Snapdragon 8G3 tampaknya agak tinggi, dan beberapa pabrikan siap menggunakan sub-flagship Snapdragon 8G2 atau platform Dimensity dalam versi standar untuk mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi," tulis Digital Chat Station, dikutip dari Neowin (15/8). 

Dimensity 9300 diperkirakan akan debut pada bulan Oktober. Chipset ini akan menjadi pilihan yang menarik jika harganya lebih murah dari Snapdragon 8 Gen3.