Huawei: 5G, Cloud Computing, Big Data dan AI akan menjadi keniscayaan

Oleh: Insaf Albert Tarigan - Kamis, 22 Sep 2022 17:56 WIB

Konvergensi teknologi-teknologi tersebut juga dipercayai akan mendorong perubahan pada ekonomi digital secara signifikan.

Gelaran Huawei Connect 2022 di Bangkok, Thailand

Huawei meyakini 5G, Cloud Computing, Big Data dan AI akan semakin menjadi keniscayaan. Oleh karena itu, perusahaan asal China tersebut berkomitmen untuk bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan guna menghasilkan talenta-talenta digital yang penting untuk mengembangkan ekonomi digital.

Jacky Chen, CEO Huawei Indonesia, pada acara Huawei Connect di Thailand, mengatakan, upaya-upaya strategis untuk mendukung ketersediaan talenta digital mumpuni dalam kuantitas besar perlu untuk terus ditindaklanjuti dan dikembangkan. 

“Sehubungan dengan dinamika tersebut, misi untuk terus mengembangkan kompetensi talenta-talenta digital di kawasan, termasuk di Indonesia, melalui kolaborasi multi-helix antara pemerintah, pelaku industri, dunia pendidikan, dan komunitas, sangat penting untuk terus diselenggarakan. Sejak kehadirannya di Indonesia lebih dari 22 tahun lalu, Huawei melalui komitmen ‘Huawei I DO Collaborate’ telah menjadikan kolaborasi dengan para pemangku kepentingan sebagai program sinergi berkelanjutan dalam mendukung ketersediaan talenta digital sesuai kebutuhan industri,” papar Jacky.

Huawei di Indonesia menargetkan mampu mengembangkan 100 ribu talenta digital hingga 2025 melalui berbagai program-program kolaboratifnya yang bertajuk 100.000 Talenta Digital, dari kompetisi, seminar-seminar, hingga pelatihan-pelatihan di bidang TIK. Diluncurkan pada Oktober 2020, saat ini Huawei membina lebih dari 64 ribu penerima manfaat melalui program 5 tahun ini untuk memenuhi kebutuhan talenta digital dalam negeri yang jumlahnya mencapai 600.000 setiap tahun.

Keseriusan Huawei dalam menggalang kolaborasi multi-helix guna membantu ekosistem di Indonesia mampu mengantisipasi isu ketersediaan talenta digital dinilai oleh berbagai pihak sebagai upaya kontributif yang relevan dengan isu terkini, baik di tanah air maupun di Kawasan Asia Pasifik.

Tag