Huawei resmi umumkan HarmonyOS NEXT, tinggalkan aplikasi Android sepenuhnya

Oleh: Erlanmart - Sabtu, 22 Jun 2024 11:03 WIB

Konferensi pengembang tahunan Huawei, HDC 2024, menjadi panggung pengumuman terbesar perusahaan: peluncuran resmi HarmonyOS NEXT.

Konferensi pengembang tahunan Huawei, HDC 2024, menjadi panggung pengumuman terbesar perusahaan: peluncuran resmi HarmonyOS NEXT, versi terbaru dari sistem operasi buatannya. Pengumuman ini muncul setelah bertahun-tahun pengembangan HarmonyOS, yang awalnya disebut Hongmeng di Tiongkok.

Dilansir dari Gizmochina (22/6), sistem operasi (OS) yang dikembangkan di Tiongkok ini sepenuhnya membuang kernel Linux dan basis kode Android Open Source Project (AOSP) dan mendukung arsitektur yang sepenuhnya independen yang dibangun berdasarkan kernel dan sistem Hongmeng Huawei.

Karena OS ini dibuat dari awal, Huawei mengklaim arsitektur sistem baru tersebut memberikan peningkatan sebesar 30% pada kinerja mesin secara keseluruhan dan pengurangan konsumsi daya sebesar 20%.

Saat ini dalam pengujian beta, HarmonyOS NEXT sedang mencari pengembang dan pengguna awal dalam jumlah terbatas (3.000) untuk berpartisipasi. Mereka yang tertarik harus menyadari bahwa versi beta mungkin tidak stabil dan dapat menyebabkan masalah ketidakcocokan data.

Fitur utama HarmonyOS NEXT adalah kemampuannya menjembatani kesenjangan antar perangkat yang berbeda. Menurut Huawei, pengembang hanya perlu membuat satu versi aplikasi untuk memastikan pengalaman pengguna yang konsisten di berbagai ukuran layar dalam ekosistem Huawei. Hal ini ditunjukkan pada konferensi dengan aplikasi populer seperti Taobao, Yiche, dan Bilibili yang berjalan mulus di berbagai perangkat.