Ternyata ini biang kerok yang bikin perangkat Windows kena BSOD

Oleh: Nur Chandra Laksana - Jumat, 19 Jul 2024 16:37 WIB

Ternyata, masalah BSOD yang menyerang kurang lebih ribuan perangkat berbasis Windows di seluruh dunia karena kesalahan update dari penyedia keamanan siber CrowdStrike.

Sebelumnya, ribuan pengguna perangkat Windows mengeluh karena perangkat mereka mengalami Blue Screen of Death (BSOD) saat dinyalakan hari ini. Akibatnya, banyak orang yang tidak dapat melakukan kegiatan sehari-hari mereka karena masalah ini.

Bukan hanya pengguna biasa, namun beberapa industri seperti perbankan, maskapai penerbangan, penyiar TV, supermarket, dan banyak bisnis lainnya di seluruh dunia juga ikut terimbas. Tapi, masalah ini sempat membuat bingung karena tidak diketahui penyebabnya.

Ternyata, The Verge (19/7) melaporkan adalah biang kerok dari masalah ini adalah pembaruan yang salah dari penyedia keamanan siber CrowdStrike. Bug ini membuat PC dan server yang terpengaruh offline, memaksanya masuk ke boot loop pemulihan sehingga komputer tidak dapat memulai dengan benar. 

Seperti diketahui, CrowdStrike banyak digunakan oleh banyak bisnis di seluruh dunia untuk mengelola keamanan PC dan server Windows. 

Masalah ini pertama kali dirasakan oleh beberapa bank, maskapai penerbangan, dan penyiar TV Australia. Masalah ini kemudian menyebar ke beberapa negara lain, karena bisnis yang berbasis di Eropa mulai beroperasi beberapa jam setelah Australia terkena masalah.