Ini dia pengertian dinamo brushless, sering ada di mobil RC

Oleh: Erlanmart - Sabtu, 10 Agst 2024 09:15 WIB

Motor DC brushless (juga dikenal sebagai motor BLDC atau motor BL) adalah motor DC yang diubah secara elektronik yang tidak memiliki sikat.

Dinamo (motor) DC brushless (juga dikenal sebagai motor BLDC atau motor BL) adalah motor DC yang diubah secara elektronik yang tidak memiliki sikat. Kontroler memberikan denyut arus ke lilitan motor yang mengontrol kecepatan dan torsi motor sinkron.

Dilansir dari Electrical4u (10-8), motor BLDC menghasilkan torsi yang signifikan pada rentang kecepatan yang luas, berkat magnet permanen yang berputar di sekitar armature stasioner. Pergantian elektroniknya menawarkan kemampuan fleksibel, memastikan pengoperasian lancar dan torsi stabil bahkan saat tidak bergerak.

Cara Kerja Motor Brushless

Sebelum menjelaskan cara kerja motor DC brushless, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu fungsi motor brushed. Pada motor brushed, terdapat magnet permanen di bagian luar dan armature berputar yang berisi elektromagnet di dalamnya. Elektromagnet ini menciptakan medan magnet pada armature ketika daya dihidupkan dan membantu memutar armature.

Sikat (brush) tersebut mengubah polaritas kutub untuk menjaga rotasi armature. Prinsip kerja dasar motor DC brushed dan motor DC brushless adalah sama yaitu feedback posisi poros internal.