Intel : Era inovasi AI terus berkembang

Oleh: Nur Chandra Laksana - Selasa, 04 Jun 2024 16:47 WIB

Dalam acara keynote pada ajang COMPUTEX 2024, CEO Intel Pat Gelsinger mengatakan bahwa AI akan terus berinovasi.

Hari ini di Computex, Intel mengumumkan teknologi dan arsitektur terbaru yang dirancang untuk mempercepat ekosistem kecerdasan buatan (AI) dari pusat data hingga perangkat PC. Dengan daya pemrosesan yang lebih kuat, efisiensi energi yang luar biasa, dan biaya total kepemilikan yang rendah, pelanggan sekarang dapat memanfaatkan potensi sistem AI secara penuh.

CEO Intel, Pat Gelsinger, menyatakan bahwa AI sedang menghadirkan salah satu era inovasi terbesar dalam industri. Intel, sebagai perusahaan yang berinovasi di seluruh spektrum pasar AI, mencakup manufaktur semikonduktor hingga PC, jaringan, edge, dan sistem pusat data.

Platform terbaru seperti Xeon, Gaudi, dan Core Ultra, bersama dengan ekosistem hardware dan software Intel, memberikan solusi yang fleksibel, aman, berkelanjutan, dan hemat biaya untuk memaksimalkan peluang di masa depan.

Pada acara Computex, Gelsinger menyoroti manfaat standar terbuka dan ekosistem kuat Intel dalam mempercepat pengembangan AI. Intel telah merevolusi inovasi AI dengan cepat, termasuk meluncurkan prosesor Xeon generasi terbaru, memberikan pra-tinjau akselerator AI Gaudi, dan memperkenalkan sistem inferensi AI generatif (GenAI) yang hemat biaya dan berkinerja tinggi.

Selain itu, Intel memimpin dalam era AI PC dengan prosesor Intel Core Ultra yang telah digunakan di lebih dari 8 juta perangkat. Arsitektur klien yang akan datang juga dijadwalkan diluncurkan akhir tahun ini.