Intel resmi luncurkan Lunar Lake, fokus ke AI

Oleh: Nur Chandra Laksana - Selasa, 04 Jun 2024 10:01 WIB

Intel baru saja meluncurkan prosesor baru mereka dengan kode Lunar Lake, fokus di AI dan penggunaan daya serta performa.

Intel baru saja mengumumkan kehadiran prosesor terbaru mereka bernama Lunar Lake. Prosesor yang satu ini sengaja dihadirkan untuk produsen yang ingin memiliki laptop tipis, irit daya, serta memiliki kemampuan AI yang sangat baik.

Ada beberapa pembeda yang dihadirkan oleh Intel di Lunar Lake ini jika dibandingkan dengan pendahulunya, yakni Meteor Lake. Perbedaan inilah yang membuat prosesor ini dapat memiliki efisiensi daya namun tetap bertenaga. Intel bahkan dengan terang-terangan menantang prosesor berbasis ARM dengan mengatakan bahwa “prosesor X86 dapat memiliki efisiensi daya yang sangat baik”.

Salah satu hal yang dapat mereka lakukan untuk memangkas penggunaan daya adalah dengan menonaktifkan hyperthreading di arsitektur P-Core mereka, yang kini mereka sebut sebagai “Lion Cove”. Mungkin ini keputusan yang kontroversial, namun tidak mungkin mereka mengambil keputusan ini tanpa perhitungan matang.

Nah, untuk memberikan sedikit “tendangan” performa, Intel memutuskan untuk membuat luas penampang P-Core mereka lebih lebar. Artinya, ada peningkatan IPC yang memungkinkan lebih banyak data dapat diproses dalam satu waktu yang sama.

Jika dibandingkan dengan Redwood Cove di Meteor Lake, P-Core Lion Cove memiliki peningkatan performa 14 persen hanya untuk IPC-nya. Sedangkan untuk performance to watt Lion Cove dapat lebih baik hingga 18 persen atau lebih. Sedangkan untuk L3 cache-nya, P-Core ini hadir dengan shared cache hingga 12MB.