Intel Rocket Lake-S masih menggunakan teknologi fabrikasi 14nm

Oleh: Nur Chandra Laksana - Jumat, 29 Nov 2019 09:23 WIB

Dalam sebuah bocoran terbaru menyebutkan bahwa prosesor Intel generasi ke-10 Rocket Lake-S akan menggunakan teknologi fabrikasi 14nm dan menggunakan IGP berbasis Intel Xe.

Wccftech

Detail prosesor desktop Intel Rocket Lake-S generasi ke-11 akhirnya mencuat. Beberapa rincian dari forum PC PTT yang berbasis di Tiongkok mengungkapkan bahwa Rocket Lake-S akan menampilkan beberapa perubahan dibandingkan dengan prosesor Comet Lake-S.

Dalam forum tersebut, Rocket Lake-S dikabarkan akan masih menggunakan teknologi fabikasi 14nm. Prosesor ini disebut sebagai keluarga terakhir yang menggunakan teknologi fabrikasi 14nm sebelum Intel beralih ke 7nm.

Intel Rocket Lake-S diharapkan akan tiba pada platform desktop mainstream pada tahun 2021 dan akan menjadi keluarga Gen ke-11. Mereka akan menggantikan jajaran Gen Comet Lake-S ke-10 yang diperkirakan akan diluncurkan pada tahun 2020. 

Keluarga Intel Gen ke-11 diharapkan akan hadir dalam konfigurasi prosesor seri U dan S, namun fokus utama dari artikel kali ini akan ditujukan ke seri S yang merupakan jajaran prosesor desktop.

Rocket Lake-S akan membawa 8 core dengan TDP 125W. Konfigurasi prosesor tertinggi ini memiliki dua core lebih sedikit dari keluarga Comet Lake-S yang akan menawarkan 10 core dengan TDP 125W.