Versi beta pertama iOS 17 muncul, bisa screenshot penuh & kemampuan baru Siri

Oleh: Zhafira Chlistina - Jumat, 14 Jul 2023 07:04 WIB

Apple memperkenalkan fitur tangkapan layar satu halaman penuh ke iOS 17, sesuatu yang telah ditawarkan oleh ponsel Android selama bertahun-tahun.

Apple telah merilis versi beta publik pertama dari iOS 17, iPadOS 17, dan macOS Sonoma. Dalam rilis ini, perusahaan memperkenalkan beberapa fitur baru seperti tangkapan layar satu halaman penuh, kemampuan bilingual Siri, dan penyortiran pesan teks yang lebih baik untuk pengguna dual-SIM.

Dilansir dari TechCrunch (13/7), Apple memperkenalkan fitur tangkapan layar satu halaman penuh ke iOS 17, sesuatu yang telah ditawarkan oleh ponsel Android melalui "Scrolling screenshots" selama bertahun-tahun. Pengguna dapat menyimpan tangkapan layar ini sebagai gambar atau file PDF.

Perusahaan yang berbasis di Cupertino ini juga menambahkan dukungan untuk kueri bilingual ke Siri, dimulai dengan bahasa Indic tertentu. Ini berarti pengguna dapat mengajukan pertanyaan kepada Siri dengan menggabungkan bahasa Inggris dan Hindi.

Selain itu, pengguna juga dapat menggabungkan bahasa Inggris dengan Telegu, Punjabi, Kannada, atau Marathi. Apple agak terlambat dalam hal ini, karena dukungan multibahasa di Google Assistant sudah ada sejak tahun 2018, sedangkan Amazon meluncurkan dukungan yang sama pada tahun 2019.

Fitur ini sangat berguna bagi pengguna di India yang berbicara dalam berbagai bahasa selama kehidupan sehari-hari. Bukan hanya itu, perusahaan juga meluncurkan fitur lain yang secara khusus ditunjukkan untuk pengguna dari negara tersebut, yakni:

Tag