Jaringan kekaisaran Romawi tersembunyi ditemukan di lembah Guadalete

Oleh: Lysti Rahma - Minggu, 18 Agst 2024 16:59 WIB

Penemuan ini terjadi secara tidak sengaja saat tim arkeolog, yang awalnya ditugaskan untuk mencari satu pemukiman Romawi di wilayah tersebut.

Sebuah tim arkeolog di Spanyol telah menemukan 57 situs dari era Kekaisaran Romawi yang belum pernah teridentifikasi sebelumnya di wilayah Sierra de Cádiz, dekat Sungai Guadalete. Penemuan ini mengungkap adanya jaringan pemukiman Romawi yang luas dan belum diketahui, yang mungkin membentuk sebuah “kekaisaran tersembunyi.”

Dilansir dari Wion News (18/8), penemuan ini terjadi secara tidak sengaja saat tim arkeolog, yang awalnya ditugaskan untuk mencari satu pemukiman Romawi di wilayah tersebut, malah menemukan situs-situs yang dianggap 'belum pernah terjadi sebelumnya'. Penggunaan radar geofisika memungkinkan para peneliti untuk mendeteksi struktur bawah tanah yang sebelumnya tidak terlihat.

“Temuan ini menunjukkan tingkat organisasi sosial yang tinggi pada periode Neolitikum, terutama dalam transportasi intra-Britania,” ungkap laporan dari Universitas Cadiz. Situs-situs tersebut ditemukan di lembah tengah Sungai Guadalete dan meliputi daerah sekitar Arcos de la Frontera, Bornos, Villamartin, dan Puerto Serrano.

Para arkeolog menggunakan radar geofisika untuk menemukan struktur yang tersembunyi di bawah tanah. Analisis lebih lanjut akan dilakukan untuk memahami bagaimana situs-situs ini saling terhubung dan bagaimana mereka berkontribusi pada jaringan perdagangan dan komunikasi Romawi di masa lalu.

Penemuan ini memberikan wawasan baru tentang kehadiran Kekaisaran Romawi di Spanyol lebih dari 2.000 tahun yang lalu. Peneliti berharap temuan ini dapat mengungkap interaksi antara pemukiman di lembah Guadalete dengan Teluk Cadiz selama periode Romawi, yang hingga kini belum banyak dipahami.

Tag