Jumlah pelanggan premium lebih besar dari YouTube

Oleh: Nur Chandra Laksana - Selasa, 16 Jul 2024 08:44 WIB

Dalam sebuah laporan terbaru, jumlah pengguna berbayar layanan OpenAI melampaui jumlah pengguna berbayar YouTube.

OpenAI terus mendominasi para pesaingnya minggu ini, dengan sebuah studi baru memperkirakan keberhasilannya dalam menarik pelanggan berbayar melalui ChatGPT Plus. Soalnya, jumlah pelanggan pengguna layanan ini lebih besar dari beberapa platform streaming populer di dunia.

Menurut laporan yang diterbitkan oleh Futuresearch, produk-produk OpenAI adalah yang paling populer dan menguntungkan di bidang AI. Penelitian tersebut memperkirakan bahwa OpenAI memiliki pendapatan tahunan berulang sebesar USD3,4 miliar.

Sekitar 55% dari pendapatan tersebut atau USD1,9 miliar berasal dari 7,7 juta pelanggan ChatGPT Plus yang membayar USD20 per bulan. Sebanyak 21% lainnya atau USD714 juta, berasal dari 1,2 juta pelanggan ChatGPT Enterprise dengan biaya berlangganan USD50 per bulan. 

Hanya 15% atau USD510 juta dihasilkan dari API AI, sementara 8% sisanya atau USD290 juta berasal dari 980.000 pelanggan ChatGPT Teams yang membayar USD25 per bulan. Secara keseluruhan, OpenAI diperkirakan memiliki sekitar 9,88 juta pelanggan bulanan.

Dilansir dari laman Digital Trends (16/7), jumlah tersebut hampir 2 juta lebih banyak dari 8 juta pelanggan yang dilaporkan dimiliki YouTube TV , jaringan televisi kabel terbesar keempat di Amerika Serikat. Jumlah ini hampir menyentuh jumlah pengguna layanan DIsney+ yang memiliki lebih dari 10 juta pengguna.