Ini jumlah RAM yang digunakan Windows 11 dan cara menghematnya

Oleh: Nur Chandra Laksana - Selasa, 09 Jul 2024 10:06 WIB

Kalian pasti pernah penasaran dong berapa sih sebenarnya jumlah kapasitas RAM yang digunakan oleh Windows 11? Dan bagaimana cara menghemat penggunaan RAM di Windows 11? Yuk kita bahas!

Windows 11 saat ini menjadi sistem operasi paling baru yang ditawarkan oleh Microsoft. Meski paling baru, namun saat ini pengguna Windows 10 masih memiliki jumlah pemakai yang lebih banyak selama satu tahun belakangan ini.

Dalam sebuah data yang diungkap oleh Stat Counter beberapa waktu yang lalu, pangsa pasar pengguna Windows 10 sebesar 70,03 persen, sedangkan Windows 11 hanya memiliki pangsa pasar sekitar 25,65 persen dari total keseluruhan pengguna perangkat berbasis Windows.

Ada beberapa hal yang membuat pengguna enggan atau tidak bisa melakukan upgrade OS mereka. Selain karena TPM 2.0, ada satu hal lain yang membuat pengguna masih belum ingin pindah ke Windows 11, yakni penggunaan RAM.

Tapi, memang berapa sih total penggunaan RAM yang digunakan oleh Windows 11 untuk sebuah perangkat?

Jumlah RAM minimum

Jika merujuk ke situs resmi Microsoft, persyaratan perangkat keras resmi untuk Windows 11 mengharuskan RAM minimal 4 GB. Secara teknis, kalian bisa mengabaikan syarat yang satu ini tapi nantinya akan berdampak ke pengalaman penggunaan yang kurang baik.