Kini pengguna Jenius bisa top up TapCash pakai NFC

Oleh: Lely Maulida - Kamis, 24 Sep 2020 21:08 WIB

Jenius berkolaborasi dengan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) menghadirkan layanan top up BNI TapCash.

Jenius berkolaborasi dengan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) menghadirkan layanan top up BNI TapCash. Berkat kolaborasi ini, pengguna Jenius dapat melakukan pengisian ulang saldo TapCash melalui aplikasi Jenius. 

“Jenius percaya kolaborasi dengan berbagai pihak dibutuhkan untuk menghadirkan layanan finansial yang lengkap dan relevan. Pada kesempatan ini Jenius berkolaborasi dengan BNI TapCash untuk membantu pengguna lebih mudah bertransaksi secara nontunai dengan uang elektronik. Kolaborasi ini juga bertujuan untuk mendukung gerakan pembayaran nontunai (cashless) yang tengah digalakkan oleh pemerintah dan Bank Indonesia. Terlebih di masa saat ini, peran pembayaran digital maupun nontunai sangat penting dalam upaya meminimalisir kontak fisik saat bertransaksi,” kata Irwan S. Tisnabudi Digital Banking Head Bank BTPN. 

Sebagaimana diketahui, aplikasi Jenius memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk melakukan top up berbagai e-Wallet. Namun belum semua e-Wallet dapat diisi ulang melalui fitur NFC di Jenius. Untuk melakukan top up saldo TapCash melalui aplikasi Jenius, pengguna harus mengaktifkan fitur NFC (Near-Field Communication). Sebagai catatan, pembaruan ini baru tersedia untuk pengguna Jenius di Android. 

Pengguna dapat melakukan top up kartu BNI TapCash melalui fitur e-Wallet Center pada aplikasi Jenius. Langkah pertama, login pada aplikasi Jenius lalu pilih e-Wallet Center, dilanjutkan dengan Top Up dengan memilih TapCash. Kemudian pilih Top Up dengan memasukkan atau menentukan jumlah uang, pilih Lanjut, lalu pilih Top Up, setelah itu saldo BNI TapCash berhasil bertambah. Di aplikasi Jenius, pengguna dapat melakukan top up mulai dari Rp10.000 hingga Rp1.500.000. Melalui kolaborasi ini, Jenius juga menghadirkan kartu BNI TapCash Edisi Jenius ini telah terdapat di booth Jenius di seluruh Indonesia.

Menurut Jenius, terjadi perubahan perilaku finansial pada masyarakat selama pandemi ini. Sebelum pandemi, lima fitur yang paling sering digunakan oleh pengguna Jenius yaitu Send It ke bank lain, Kartu Debit Utama (m-Card), Top Up e-Wallet, Flexi Saver, dan Tarik Tunai. Di saat pandemi lima fitur yang paling sering digunakan menjadi Send It ke bank lain, Kartu Debit Utama (m-Card), Flexi Saver, Top Up e-Wallet, dan Send It antar akun Jenius. Hal ini menunjukkan bahwa pengguna mengandalkan lebih sering menabung di saat pandemi ini, memanfaatkan transaksi digital, dan mulai beralih ke metoda pembayaran nontunai.