Konferensi Keamanan Siber Industri APAC Kaspersky 2024 bahas tantangan yang ada di sektor industri

Oleh: Nur Chandra Laksana - Jumat, 11 Okt 2024 10:52 WIB

Dalam konferensi yang diadakan pada 10 dan 11 Oktober 2024 di Bangkok, Thailand, Kaspersky membeberkan apa saja tantangan siber yang dialami sektor industri.

Tingkat serangan siber sepanjang 2024 ini dilaporkan terus meningkat. Bukan hanya membuat kerugian yang cukup besar dari sisi finansial, namun dalam beberapa tahun terakhir ini, serangan siber juga merugikan masyarakat di seluruh dunia, bahkan sampai merenggut nyawa orang tak bersalah.

Meskipun kasus serangan siber tersebar luas di seluruh dunia, namun Asia Pasifik menjadi sorotan banyak pihak, terutama Kaspersky. Mereka melihat bahwa kasus serangan siber di wilayah ini sebagai salah satu yang sangat meresahkan.

Oleh karena itu, mereka mengadakan Konferensi Keamanan Siber Industri Asia-Pasifik yang pertama pada 10-11 Oktober 2024 di Bangkok, Thailand. Acara ini menghadirkan para ahli industri, analis, vendor, dan pelanggan dari seluruh dunia untuk membahas pendekatan terbaru dalam mengamankan teknologi ICS.

Yang menjadi fokus pada konferensi kali ini adalah soal keamanan di bidang industri. Soalnya, jika serangan siber terjadi di industri vital, seperti di perusahaan listrik, perusahaan gas, dan lainnya memiliki dampak yang cukup besar bagi seluruh warga di wilayah tersebut.

Banyak hal yang diungkap oleh Kaspersky dalam rangkaian acara kali ini. Di hari pertama, yakni tanggal 10 Oktober 2024, mereka fokus membahas masalah yang terjadi di beberapa negara yang telah terdampak serangan siber yang cukup besar di area industri.